Wednesday, February 17, 2010

Canda Tangis Ketawa Duka (CTKD) - CT (Siti) KD (Krisdayanti)


KD & Dato' Siti Nurhaliza - CTKD (Canda, Tangis, Ketawa, Duka)

Yah... pertama kali mendengar single pertama dari duet dua diva di dua negara ini saya langsung jatuh cinta. 'Amarah' adalah lagu yang dikemas secara luxury benar-benar mewah, indah dan anggun. Dengan kemampuan vokal yang terbaik dan tidak dapat ditiru oleh penyanyi-penyanyi lain. Bahkan menurut saya, Mariah Carey dan Whitney Houston dalam 'When You Believe' serasa penyanyi kelas B dibandingkan performa KD & Dato' SN ini. Saya penasaran apakah semua lagu di album duet mereka sama kualitasnya dengan 'Amarah'? Ternyata.... BRAVO, lagu-lagu mereka BRILLIANT!!!

Lagu pertama Jika Kau Tak Datang merupakan lagu dengan tempo yang cepat sama seperti 'Amarah' alunan instrumen orchestra yang fun dan cepat dengan dentuman drum dan gesekan brass aransemen yang OK. Vocal Dato' SN sangat 'clear' dan berat, sedangkan KD seperti biasa kemampuan vokal yang mampu menyetarakan semua jenis musik, keduanya bernyanyi dengan nada-nada yang sopran yang cepat. Keren deh... Beralih ke lagu kedua 'Sebagai Teman' merupakan lagu ballad yang sering dinyanyikan KD serta Dato' SN, jadi dalam kualitas vokal tidak diragukan lagi, dengan yang menarik adalah lagi-lagi aransemen musik dan instrumennya, apabila diawal lagu terasa lambat makin lama makin terasa cepat dengan tempo yang dinamis dan instrumen yang makin wah. Di Lagu ketiga 'Tanpamu' adalah lagu ballad dengan nada-nada sentuhan melayu yang kuat. Dato' SN tidak ada kesulitan dalam menyanyikan lagu melayu, tapi KD saya salut seperti biasa lagu apa sih yang dia tidak bisa nyanyikan, walaupun tidak se-khas Dato' SN tapi mampu menyetarakan vokal Melayu-nya Dato' SN bena2-benar luar biasa. Instrumen tentu saja melayu banget dengan alunan orchestra melayu seperti alunan lagu di pinggir pantai.

'Amarah' adalah lagu keempat dan single pertama dari album ini, merupakan lagu yang paling saya sukai. KD dan Dato' SN menunjukkan vokal terbaikknya di lagu ini, karena biasanya mereka menyanyi lagu Ballad tetapi mereka harus menyanyi lagu dengan tempo yang super cepat dan bersaut-sautan. Saya benar-benar makin menyukai mereka kualitas vokal papan atas (karena saking susahnya untuk dijelaskan) dengan instrumen orchestra yang 'gothic' nan 'creepy' alunan biola dan organ yang serasa sedang marah benar-benar menabjubkan. Chemistry antara vokal dan instrumen benar-benar menyatu KD & Dato' SN benar-benar seperti penyanyi yang menegeluarkan emosi marah yang meluap-luap, bener-bener KEREN. Saya tidak tau apakah ada lagu lain yang mampu menyamakan kualitas 'Amarah', tampaknya jarang! Lagu kelima adalah lagu yang kalau didengar seperti seseorang yang benar-benar jatuh cinta. Alunan vokal melayu juga cukup ketara di lagu ini, benar-benar lagu yang syahdu dan terasa berbunga-bunga. mungkin hal ini karena chemystri antara instrumen dan vokal yang baik. Mengenai vokal tidak jauh berbeda dengan 'Tanpamu' tapi kalau 'Tanpamu' serasa seseorang yang ditinggalkan, maka 'Hanya Dia' serasa seseorang yang jatuh cinta. 'Dalam Diamku' adalah lagu keenam dan lagu terakhir dengan penampilan vokal KD & Dato' SN. Lagu ini adalah lagu terfavorit saya ke dua setelah 'Amarah' tempo vokal bisa dibilang agak ballad tetapi bersaut-sautan. Yah ballad yang bersautan, dengan vokal yang berat dan tinggi kadang-kadang rendah, saya hampir tidak bisa membedakan mana yang suara KD mana yang suara Dato' SN karena menurut saya mereka seperti berlomba-lomba menunjukkan vokal yang terbaik tetapi mereka mampu menyatu ya karena bersaut-sautan tersebut. Mengenai instrumen awal-awal akan mendengar suara piano dengan nada yang sudah familiar (saya lupa judul lagunya apa) kemudian instrumen bertambah dan makin wah sehingga terdengar seperti lagu pop-rock-orchestra. Saya benar-benar terkesima.

Sebenarnya saya ingin sekali memberi nilai A++ mengenai album duet mereka, tetapi apabila mereka menggunakan konsep mini album, bukan album full. Tetapi mungkin kemauan dari produser hingga mereka membuatnya menjadi album penuh. 4 lagu berikutnya merupakan lagu-lagu 'minus-one' tanpa vokal dari KD dan Dato' SN hanya instrumen lagu dari judul lagu ke 3 (Tanpamu) sampai lagu ke 6 (Dalam Diam). Alangkah lebih sempurnanya lagi apabila mereka benar menampilkan 10 lagu yang berbeda, tetapi mengingat perjuangan 6 lagu yang sangat hebat 10 terasa sulit untuk diwujudkan! Maka dari itu saya hanya bisa memberikan nilai A+ untuk mereka. Hehehe.... tetap saja tinggi. Soalnya setelah Gita Gutawa dengan album 'Harmoni Cinta' tidak ada 1 pun artis / penyanyi Indonesia yang mampu mengalahkannya dalam kualitas musik. Hingga munculah duet maut ini, yang saya yakini membuat semua penyanyi (terutama penyanyi ballad) tertunduk malu mengenai kualitas musik mereka yang selama ini pas-pasan.

Oh ya... mencari album mereka ini cukup sulit. Mungkin karena masih dibawah produksi Siti Nurhaliza Productions & Suria Record jadi kurang familiar di Indonesia. Pasalnya saya harus mencari di dua toko besar. Toko pertama (Disc Tar*a Gram*dia Depok) petugas yang menjaga sama sekali tidak tau, melanga-melongo. Akhirnya saya ke toko sebelah (Disc Tar*a Mar*o City) dan hanya ada 1. Langsung beli deh... hehehe habis penasaran, dan hasilnya sangat memuaskan!

Track list:
01. Jika Kau Tak Datang
02. Sebagai Teman
03. Tanpamu
04. Amarah
05. Hanya Dia
06. Dalam Diamku
07. Tanpamu (minus one)
08. Amarah (minus one)
09. Hanya Dia (minus one)
10. Dalam Diamku (minus one)

Di album ini ada 1 lagu yang disumbangkan oleh Charly ST 12, lagu itu adalah 'Tanpamu' ga nyangka deh... selain itu Audi Mok (Malaysian songwriter, composer dan produser) serta Aubrey Suwito (Indonesian songwriter, composer dan Produser) juga ikut dalam memproduseri serta menciptakan lagu. KD dan Dato' SN tentu saja juga ikut menciptakan lagu-lagu di album ini. CT & KD yup CT (dibaca Siti) & KD (Krisdayanti) benar-benar wajib dijadikan koleksi apabila teman-teman menyukai kualitas musik yang mumpuni. Hehehe...

0 comments:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and Real Estate. Powered by Blogger