Saturday, May 9, 2009

Comic to Movie: V for Vendetta

Comic to movie: V for Vendetta

V for Vendetta
adalah film tahun 2006 yang ceritanya diadaptasi dari sebuah novel grafis berjudul V for Vendetta karya Alan Moore dan David Lloyd, yang menceritakan tentang seseorang yang berinisial "V" yang berjuang untuk menghacurkan rezim pemerintahan otoriter di Inggris.Film ini disutradarai oleh James McTeigue dan diproduksi oleh Joel Silver (salah seorang produser film tersukses di Hollywood) dan Wachowski bersaudara (Matrix Trilogi), yang juga menjadi penulis skenario dalam film ini.

Pemeran utama dalam film ini diperankan oleh Natalie Portman yang berperan sebagai Evey Hammond dan Hugo Weaving sebagai V, Stephen Rea sebagai Finch, serta John Hurt sebagai Sutler.

V for Vendetta mengambil latar belakang Inggris di era masa depan ketika berada di bawah kepemimpinan rezim yang totaliter. Hal ini bermula sesaat pasca-perang dunia yang menghancurkan berbagai negeri. Kekacauan , kelaparan, penyakit dan juga angka kematian yang tinggi ada di mana-mana. Hal ini akhirnya yang menjadi pembenaran bagi seorang politikus ambisius untuk meraih kekuasaan dengan menerapkan pola kekuasaan yang fasis. Semua dikontrol oleh negara, tak ada kebebasan sipil termasuk dalam berpendapat dan menjadi berbeda. Bahkan dikisahkan bagaimana seseorang dapat ditangkap hanya karena memiliki Al-Qur’an, menonton film, buku-buku sastra dan bahkan juga karya-karya seni dilarang.

Muncul individu yang menyebut dirinya V, dengan mengenakan kostum ala Guy Fawkes mulai melancarkan propaganda yang dikenal dengan istilah "propaganda by deed". V menyadari bahwa kesalahan suatu negeri memang tidak dapat ditudingkan begitu saja pada para birokrat dan politisi, karena bagaimanapun juga, para penguasa fasis tersebut bisa berada di kekuasaannya karena publik membiarkannya (dengan berbagai alasan, seperti ketakutan dan ketidak pedulian).

Versi film V for Vendetta banyak ketidak samaan dengan versi novel grafisnya (versi orisinil). Wachowski bersaudara tampaknya sengaja untuk tidak mengetengahkan apa yang secara eksplisit diangkat oleh Alan Moore, V yang dalam versi grafis menceritakan tentang seorang anarkis yang menentang pemerintah saat itu mengajarkan tentang bagaimana sebuah masyarakat tidak seharusnya dikuasai oleh sekelompok orang saja yang mencekokkan kebenarannya sendiri.

Nah bagi yang penasaran dengan komiknya silahkan mengunduh link ini:
Vol 01-05: http://www.mediafire.com/?lqyyzyxwtmy
Vol 06-10: http://www.mediafire.com/?kzujjyijont

Karya Alan Moore memang bukan untuk konsumsi dibawah umur, jadi bagi yang masih dibawah 17 tahun, mungkin harus berkali-kali membacanya agar lebih mengerti.

0 comments:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and Real Estate. Powered by Blogger