Saturday, May 9, 2009

U2 - No Line on the Horizon

Album - Musik
U2 - No Line on the HorizonUsai sudah penantian panjang itu! -Salah satu teman penulis yang merupakan penggemar berat U2 mengatakan itu ketika mendengarkan single U2 terbaru "Get on Your Boots"-

Lima tahun setelah release How to Dismantle an Atomic Bomb (2004), per 2 Maret 2009 yang lalu (27 February 2009 dirilis di Irlandia, Belanda, Jerman dan Australia) U2 secara resmi mengeluarkan No Line on The Horizon sebagai album studio yang ke-12. "Akhir dari penantian panjang ini bukan hanya oase, bukan sebuah basa-basi. Album ini adalah sebuah album yang "benar-benar" sebenarnya," (dikatakan oleh penggemar berat U2).

Lagu dibuka dengan No Line on the Horizon yang memang cocok sekali untuk dijadikan lagu pembuka tidak ada intimidasi lirik, lagunya pun tidak berlebihan. Lagu ini mengingatkan penulis seakan-akan menghadiri sebuah pertunjukan hebat dan inilah genderang-nya yang meminta perhatian penonton bahwa acara akan segera dimulai. Magnificent seperti lagunya merupakan karya yg besar di dalam album ini, mengingatkan akan karya Bono dkk pada era 80-an, terdapat track2 tepuk tangan yg berirama, seakan-akan menandakan inilah lagu pembukanya. Moment of Surrender merupakan lagu panjang durasinya dengan irama iringan gospel yg baik. Kemudian Unknown Caller juga menampilkan iringan gospel ditambah petikan gitar yg panjang the Edge kelam dan reffrain yg tidak berkualitas layaknya NewSpeak imperative yg kurang powerful, hebatnya tidak menyangka ketika mendengar lagu ini sudah enam menit berlalu.

I'll Go Crazy if I Don't Go crazy Tonight merupakan favorit penulis. Lagu ini benar-benar 'ear catchy' minimalis dalam instrumen bernuansa pop yg flamboyan tapi cerdas – “Listen for me/I’ll be shouting/Shouting to the darkness”. Kemudian telinga dituntut agar diikutsertakan dalam kebisingan pada “Get on Your Boots” yang bernuansa glam: “Let me in the sound!... Meet me in the sound!” merupakan lagu yg membuat penulis berpikir, "Ok akan saya dengarkan album mereka." karena takut dikecewakan layaknya 2 album U2 sebelumnya. Dalam Stand Up Comedy yg merupakan rock glam layaknya Get on Your Boots tetapi dg lirik yg berat terdapat kata2 yg diambil dari salah satu kitab suci (alkitab tepatnya) -mengutip kata2 dari Roy yg mengatakan "ada lirik2 dari alkitab loh Nu"- seperti "God is love, And love is evolution's very best day". Kemudian telinga dijejali dengan Fez – Being Born adalah lagu yang paling tidak lazim di album ini (sebuah prestasi tersendiri), dengan lirik sangat yg minim tetapi dengan instrumen yg kaya.

White as Snow merupakan lagu terburuk di album ini, kelam, kacau, lirik yg datar, layaknya diciptakan oleh seorang pemabuk yg sedang pusing kepalanya. Breathe merupakan lagu tercerdas dan lagu favorit penulis kedua, is rocking, joyful track that You can imagine live being a true U2 moment. Penulis benar2-benar menikmati lagu ini begitu juga liriknya deskripsi penuh rasa syukur tentang bagaimana rasanya berada dalam sebuah band rock & roll yang hebat, khususnya yang ini. Bono sadar bahwa dia dilahirkan dengan sebuah suara. Dia juga sadar bahwa tanpa Mullen, Clayton dan The Edge, dia hanyalah sebuah mulut besar. Cedars of Lebanon layaknya lagu yg diciptakan seorang jurnalis yg kehilangan arah, vocal Bono yg seperti berbicara bukan berdendang, dengan nuansa musik yg gelap, sama sekali tidak tahu "juntrungannya". Benar-benar kehilangan arah.

Lima tahun menunggu sebelas lagu yg menampilkan karya terbaik dan juga terburuk U2, membuat penulis menyimpulkan bahwa album ini sedikit mengecewakan karena liriknya sangat mengintimidasi, kacau, menggangu dan penuh ambigu (kecuali untuk Breathe, Get on Your Boots dan I'll Go Crazy if I Don't Go crazy Tonight). Tetapi walaupun begitu dalam hal musik yg kaya akan instrumen memang patut diacungi 2 jempol.

Berikut ini adalah tracklist dari album U2 - No Line on the Horizon:
01 No Line on the Horizon
02 Magnificent (rekomendasi penulis -single kedua dari album ini-)
03 Moment of Surrender
04 Unknown Caller
05 I'll Go Crazy If I Don't Go Crazy Tonight (rekomendasi penulis, favorit penulis)
06 Get on Your Boots (rekomendasi penulis -single pertama dari album ini-)
07 Stand Up Comedy (rekomendasi penulis)
08 Fez ? Being Born
09 White as Snow
10 Breathe (rekomendasi penulis, favorit penulis)
11 Cedars of Lebanon

Bagi penggemar U2, tentu saja tidak boleh melewatkan album teranyar mereka (penulis sudah bosan dg teman2nya yg penggemar U2 dan selalu mengatakan ini merupakan karya terbaik mereka), tapi bagi bukan penggemar saran penulis kalau anda selama ini menggagumi lirik2 cinta sebaiknya jangan membeli, tapi kalau anda menyukai lagu2 yg membangun dan penuh intrik serta keambiguan, sebaiknya anda membeli album ini terutama penggemar rock & roll.

Berikut ini adalah linknya untuk menikmati lagu2 mereka:
http://www.mediafire.com/?wmwzxjwlkyh

Apabila anda menyukainya jangan lupa membeli yg asli (original).
Terima Kasih....

0 comments:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and Real Estate. Powered by Blogger