Wednesday, May 13, 2009

Gita Gutawa - Harmoni Cinta

Album - Musik

Gita Gutawa - Harmoni Cinta

Ketika pertama kali mendengar 12 lagu yg dinyanyikan Gita Gutawa dalam albumnya yg kedua yg baru saja dirilis, penulis langsung menyukai komposisi 12 lagu tersebut. Terdapat dua sisi yang berbeda yang disajikan dalam album Harmoni Cinta ini. Satu sisi menampilkan lagu-lagu pop yang menyenangkan, ringan, ditujukan bagi remaja, sedangkan di sisi lain gaya pop klasik dengan iringan orkestra. Ada satu lagu yang cukup berbeda, yaitu gabungan pop dengan iringan orkestra yang gloomy and dark dengan irama-irama layaknya di daerah pedesaan di Indonesia.

Gita Gutawa telah mengalahkan penyanyi-penyayi wanita yg lebih senior baik dalam hal komposisi vocal serta dalam hal musikalitas. Gita Gutawa telah menjadi ancaman besar bagi Agnes Monica, Rossa, Dewi Sandra dan penyanyi wanita lainnya. Bahkan Gita telah mengalahkan nama-nama tersebut dalam hal komposisi musik yang makin matang yang telah dikemas dengan sangat apik. Bagaimana tidak? Gita telah bekerja sama dengan ayahnya sendiri Erwin Gutawa (komposer musik handal) dan sejumlah musisi seperti Maia, Yovie Widianto, Melly Goeslaw dan Dewiq. Tidak lupa simponi-simponi lagu nan indah dalam album terbarunya ini Gita turut bekerja sama dengan Philharmonic Orchestra dari Praha serta Bulgarian Symphonic Orchestra yang menyajikan iringan musik klasik.

Lagu pertama disajikan Parasit yang merupakan curahan hati Gita terhadap cowok yang parasit yang sesalu memanfaatkanya. Dengan lirik yang berbau ilmiah dan iringan lagu yang pop, lagu ini dijadikan single kedua dalam album ini. Lagu kedua merupakan lagu dengan iringan simponi orkestra yang sangat indah, dengan suasana teartikal Gita mampu menyanyikan lagu super indah ini. Tidak berlebihan lagu ini memang benar-benar indah. Selanjutnya lagu ketiga Selamat Datang Cinta tetap dengan iringan orkestra yang slow nan syahdu, semua pendengar akan dihanyutkan dengan lagu ini. Lagu keempat merupakan lagu yang berkolaborasi dengan Maia berjudul Mau Tapi Malu. Lagu ini benar-benar pop yang sangat enak didengar, sesuai dengan musikalitas sekelas Maia tetapi dengan vocalitas Gita, lagu ini tak pernah bosan didengar berulang-ulang. Lagu kelima adalah Meraih Mimpi dengan iringan klasik yang menjadi soundtrack film Meraih Mimpi produksi Kalyana Shira Film, lagu ini dimaksudkan untuk menyemangati para remaja dalam upaya meraih cita-cita.

Lagu keenam merupakan lagu berbahasa Inggris yang merupakan remake Walt Disney theme park, bertajuk When You Wish Upon a Star, tentunya dengan iringan musik klasik. Lagu ketujuh Salah Jatuh Cinta merupakan lagu yang diciptakan oleh penulis lagu yang sangat populer dan selalu menjadi incaran bagi penyanyi pendatang baru (pasti Anda sudah tahu siapa dia). Lagu ini sangat pop dan sangat remaja yang memang sering terjadi oleh remaja saat ini. Remember merupakan satu-satunya lagu yang berbeda konsep dari 2 sisi yang berbeda di album ini. Lagu ini merupakan campuran bahasa Inggris dan bahasa Indonesia dan menampilkan sosok yang berbeda dari Gita, benar-benar jenius. Selanjutnya ada Ayo (Come on) yang pasti sudah sedikit familiar lagu ini di telinga Anda, karena lagu ini pernah menjadi preview dari album ini tahun lalu.

Lagu berikutnya adalah Melangkah Lagi merupakan lagu dengan tema yang sama dengan Meraih Mimpi, menceritakan agar seseorang tidak pernah menyerah walaupun sudah gagal berulang kali, dengarlah lirik ini "Teruslah melangkah janganlah menyerah....". Lagu ini sangat bagus menjadi refleksi diri agar kita tidak pernah menyerah berusaha. Berikutnya Aku Cinta Dia adalah lagu kesebelas yang merupakan remake lagu yang pernah dinyanyikan (alm.) Chrisye. Lagu ini menjadi single pertama dari album ini, dan karena lagu ini penulis menjadi tertarik untuk membeli album yang telah menjadi album terfavorit tahun ini bagi penulis. Sebagai penutup, Gita membawakan lagu karyanya yang berjudul Lullaby, sebuah lagu tidur manis, yang ia persembahkan untuk adiknya. Mendengar lagu ini Anda akan tersihir seolah benar-benar dibuat mengantuk dan lagu ini merupakan lagu yang pantas menjadi lagu penutup.

Jika dilihat dari judul-judul lagu diatas, Gita benar-benar menyajikan tema yang beragam mulai dari cinta, persahabatan, impian, semangat dan harapan. Dengan tema yang beragam ini tentunya album ini dapat didengar oleh semua kalangan terutama banyak sekali kandungan-kandungan positif dari lirik-liriknya. Hal lain yang patut mendapat perhatian, dalam proses pembuatan album kedua ini Gita Gutawa benar-benar terlibat penuh, mulai dari penentuan konsep, pemilihan lagu, hingga pembuatan serta penulisan lirik lagu. Terlebih lagi pembuatan album yang memakan waktu sejak Juni 2008 hingga Maret 2009 ini dapat dikatakan telah digarap di empat benua, karena proses rekaman dilakukan di Indonesia, pengisian orkestra di Praha dan Bulgaria, sedangkan penyelesaian dilakukan di Australia dan Amerika Serikat. inilah penuturan Gita mengenai albumnya yang dikutip dari wawancara dengan Inilah.com "Aku isi suara di Indonesia. Orkestranya dibuat di Ceko dan Bulgaria, mixing di Austaralia dan mastering di Amerika."

Jadi, buat apa tunggu lama-lama, segeralah membeli karya anak bangsa yang terbaik tahun 2009 ini, yang penulis yakini merupakan karya yang tidak akan kalah oleh band-band papan atas yang selalu saja menampilkan lagu-lagu monoton. Semua lagu di dalam album ini merupakan rekomendasi karena setiap lagu istimewa dan berwarna dan penuh makna.
BRAVO Gita Gutawa!!!!

Jangan mencoba-coba untuk membeli bajakannya, cintailah produk Indonesia!!!

0 comments:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and Real Estate. Powered by Blogger