Wednesday, May 6, 2009

Comic to Movie: Watchmen




Comic to Movie (Watchmen)

Film adaptasi terbaik dengan pendekatan yg hampir sama dari komik ke film mungkin sekitar 90%-nya.
Perbedaan komik dengan film yaitu:
Kostum para superheros Watchmen berwarna-warni sedangkan di filmnya hanya Dr. Manhattan dan Silk Spectre II (dg sedikit modifikasi) yg mengikuti komiknya, perubahan kostum ini supaya tidak terlalu mencolok dan norak. Khusus Dr. Manhattan, ternyata Billy Crudup tidak sepenuhnya telanjang karena dia memakai pakaian berwarna putih tetapi tipisnya setipis kondom (hehehehe sama saja kalau begitu) dalam pakaian tersebut sudah dimasukkan
lampu2 berwarna biru. Kecuali saat Dr. Manhattan memakai pakaian, Billy Crudup benar2 dicat tubuhnya.
Ending saat Dr. Manhattan membunuh Rorschach di komiknya pembunuhan tersebut tidak disaksikan Nite Owl II, Nite Owl II sedang ber-'uh-ah' dengan Silk Spectre II di lokasi klimaks film ini (pyramid Ozymandias) sedangkan di filmnya Nite Owl menyaksikan saat Rorschach dibunuh Dr. Manhattan, perubahan ini dilakukan Zack Snyder karena dianggap agak aneh dan tidak etis adegan yg ada di komik tersebut.
Alur, kalau mengikuti alur di komik sedikit membingungkan, tetapi akhirnya diperbaiki alurnya oleh Zack Snyder di filmnya sehingga sedikit mudah dicerna tetapi tetap tidak menghilangkan point2 yg ada di komiknya.
Visualisasi, tidak semua gambar yg ada di komik divisualisasikan di film, kalau semua divisualisasikan durasi film mungkin mencapai 3 jam.

Kalau dibilang siapa yg jahat? Ya mungkin teman2 bisa menjawabnya dengan menonton kembali atau membaca komiknya.
Baik Ozymandias dan The Comedian mengatasnamakan kebenaran tetapi membunuh banyak orang2 yg tidak bersalah, tetapi perbedaannya Ozymandias lebih berpikir matang, luas dan cerdas sedangkan The Comedian perilakunya sangat kasar. Yang menjadi pertanyaan rencana penghentian perang nuklir dari Rusia yg dilakukan Ozymandias dilakukan tentunya sebelum 1981 (temannya Dr.Manhattan sesama ilmuwan meninggal di tahun tersebut karena kanker yang dimanipulasi oleh Ozymandias), sedangkan rencana perang nuklir antara Rusia dg USA baru dimulai tahun 1984-1985.
Nah lo.... silahkan berpikir lebih keras lagi,,,, apa jangan2 rencana perang nuklir ini juga direkayasa oleh Ozymandias? Yang jelas Ozymandias atau Adrian Veidt adalah karakter favorit saya di Watchmen.
Yang saya baca dari pinjaman teman adalah novel grafik (hanya 1 buku), bukan versi komiknya (12 volume).
Kalau menginginkan versi komiknya silahkan unduh di link ini:
vol 01-05: http://www.mediafire.com/?wokjzykwnzy
vol 06-08: http://www.mediafire.com/?11ynltilgiq

untuk sementara baru sampai vol 08.... sisanya terus kunjungi blog ini oke....

Terima kasih......

0 comments:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and Real Estate. Powered by Blogger